Money Back Guaranty.Recomended Seller.Customer Satisfaction Guaranty
Order dari Senin sd Minggu melalui ''SMS/WhatsApp (only)'' dengan ketik
Nama kota (spasi) Kode barang (spasi) Jumlah ke SMS : 0856 5800 6221, atau BB : ... , detail "CARA ORDER" KLIK DI SINI
Pengiriman ke seluruh Indonesia akan dilakukan Senin sd Jum'at, menggunakan Tiki, JNE, atau Pos Indonesia sesuai keinginan pemesan.
Untuk melihat produk2 yang kami jual, klik gambar-gambar di bawah ini ya...
Kandang Hamster.Aksesoris Hamster.Makanan Hamster.Alas Serbuk Hamster.Alas Serbuk Hamster

Saturday, 11 July 2009

Syrian Fujiama Gue!!


Foto Angya, Anggora Fujiama Jantan Koleksi Madheest's Hamster

Dear bro n sis,

Baru nulis lagi ni. Kali ini mo cerita tentang hamster jenis Syria. Beberapa pembeli selalu bingung bedain Syria, Campbell dan Winter White. Sebenarnya saya agak ragu untuk memelihara jenis ini. Alasannya Cuma satu, Hamster Syria atau biasa disebut golden Hamster atau orang Indonesia bilang hamster lokal punya ukuran maksimal yang bikin saya agak khawatir. Yaitu bisa mencapai 15-18 centimeter. Bukan karena ukurannya sich, jujur... hehehehe... saya khawatir dengan jumlah pakannya yang kemungkinan lebih banyak bila mereka sudah mencapai ukuran maksimal. Coba bayangin aja sendiri, Campbell dan Winter White dewasa ukuran maksimalnya paling 8-10 cm sementara Syrian bisa dua kali lipatnya. Apalagi bila dibandingkan dengan si mungil Roborovski yang cuma 5,1 centimeteran aja. Guede bangget khan? Apalagi bentuk mukanya yang nyaris kaya tikus di rumah saya hehehe... Karena alasan itulah saya agak malas untuk memelihara mereka. Tapi beberapa waktu yang lalu saya melihat beberapa ekor hamster Syrian yang menurut saya special. Namanya Syrian Fujiama, dengan warna dasar putih dan hitam dikepala serta sebagian punggung dan belakangnya membuta saya tertarik. Apalagi memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang jenis biasa, jadilah saya berinisiatif memelihara mereka untuk lebih mengenal karakter mereka lebih dekat.

Foto Fiji, Syrian Fujiama Betina koleksi madheest's hamster


Ternyata mereka lucu juga. Lebih jinak dan lincah dari Campbell dan hobi banget main puteran dan naik-naik kandang. Seru!!!


Foto hamster Syria dewasa yang panjangnya mencapai 18 cm, gile ya guede bangget!!

Berikut adalah sebagian kecil informasi mengenai mereka....

Sejarah Singkat Hamster Syria

Catatan pertama dari hamster Syria/golden hamster muncul pada edisi kedua dari Natural History of Alepo. Meski Alexander Russel menerbitkan dalam edisi pertama pada tahun 1797, tapi tidak diketahui secara pasti apakah ia atau saudaranya Patrick yang menemukannya. Tapi, entah apa yang terjadi, sampai dengan saat itu Hamster Syria tidak pernah tercatat sebagai species baru.

Baru pada tahun 1839, seorang kurator dari Londong Kehewanan Masyarakat, George Robert Waterhouse menamakannya dengan Syria atau Golden hamster. Awalnya hamster Syria disebut Cricetus Auratus, tetapi kemudian berubah menjadi Mesocricetus Auratus. Kemudian sebagian besar hamster Syria diambil oleh Israel Aharoni, seorang ahli ilmu hewan, atas permintaan Saul Alder, seorang peneliti di Leishmaniasis hamster untuk dikembangbiakkan. Pada 12 April 1930, Aharoni menemukan Hamster Syrian betina dengan 11 anaknya. Dan terjadi beberapa masalah, seperti kanibalisme oleh ibu dan pemangsa, dan hilang serta kabur. Hanya empat yang berhasil bertahan hingga dewasa dan terus berkembangbiak di Laboratorium sampai akhirnya diperkenalkan untuk pertama kalinya di British Pet sebagai hewan peliharaan pada tahun 1940. Dan pada tahun 1945 dibentuk Klub Hamster Inggris.

Mengembangbiakkan Hamster Syria

Mengembangbiakkan hamster Syria lebih sulit daripada Campbell. Meski hamster Syria dapat dewasa pada usia 28 hari, namun sejatinya akan lebih baik jika berusia tiga atau empat bulan. Otomatis sang jantan juga harus berusia sama dengan betinanya. Jika usianya terlalu muda, apalagi untuk kelahiran pertamanya sang ibu akan mengalami kesulitan bahkan kadang-kadang dapat mengakibatkan kematian sang ibu.

Karena hamster adalah hewan yang aktif pada malam hari, perkawinan dilakukan pada awal malam ketika matahari mulai terbenam. Jangan langsung menempatkan pejantan dalam satu kandang, karena bila saatnya tidak tepat sang betina bisa sangat aktif dan galak luar biasa. Sebaiknya tempatkan sang jantan dalam kontainer terpisah baru setelah itu masukkan sang betina kedalam kontainer tersebut. Tunggu sampai 20 menit, kecuali sang betina sedang mengalami masa birahi bisa disatukan terus sampai sang betina hamil besar atau sekitar 15-17 hari setelah perkawinannya. Setelah itu segera pisahkan sang jantan ke kandang lain dan biarkan sang betina melahirkan dan mengurus anak-anaknya sendiri. Tapi bila saat keduanya disatukan terlihat tanda-tanda sang betina marah, segera angkat kembali sang betina kalau tidak ingin sang jantan terluka bahkan mati karena amukannya.

Saat sang betina hamil sampai dengan sepuluh hari kelahirannya, jangan sering melihat ke kandangnya karena itu akan membuatnya stres dan menyebabkan sang ibu memakan anak-anak mereka.

Anak Hamster

Anak yang baru lahir tidak mempunyai bulu, berwarna merah, matanya tertutup dan terlihat sangat lucu. Mereka sudah dapat bergerak-gerak sendiri tetapi tidak dapa melihat dan mendengar. Jangan khawatir jika mereka terpisah dari kumpulan saudara-saudaranya. Sang ibu tahu apa yang harus dia lakukan dengan cara mencium bau dari kaki depan mereka. Jangan pernah menyentuh mereka sampai mereka berusia dua minggu, kalau tidak sang ibu akan stres dan meninggalkan anak-anaknya bahkan memakannya.

Pada usia dua minggu bulu-bulunya akan tumbuh dan mereka akan mulai berjalan disekitar sarang mereka. Sekitar usia tiga mingguan mereka akan mulai meninggalkan ibu mereka dan mulai mencari makan sendiri.

Satu yang perlu diperhatikan, jangan pernah menyatukan mereka dalam kelompok dengan jenis kelamin yang berbeda-beda. Mereka akan menjadi sangat liat dan berkelahi hingga berdarah-darah yang dapat menyebabkan kematian. So, siapkan kandang yang banyak!!!!

6 comments:

  1. wahhhh....
    dulu pernah miara syarian, tp rada ga suka coz makan tempat :D

    ReplyDelete
  2. duh,
    gwa sneng banged ma yang syrian,
    gendut2 abiz na,
    bulu nya jga baguz2..

    gwa jg lage nunggu kelahiran syirian gwa,
    pasti kalo udah lahir anaknya lucu2 deh..

    doa'n yah supaya anaknya lahir dengan selamat dan hidup semuanya,,,

    deg"n neh nunggu kelahirannya..

    ReplyDelete
  3. @Cia, makan tempat 'n makanan sis. Tapi kalo untuk dipegang2 memang mantep abis. :)

    @Someone, lain kali pake nama ya bro. Btw, Syrian memang dudut banget. Apalagi kalo kita support dgn makanan berkualitas plus vitamin. Jamin mereka bakal dudut abis.

    Lahiran? Sip, saya do'ain anaknya banyak dan sehat2 ya bro'

    ReplyDelete
  4. bisa gug sih ngawinin syirian longhair dgn yg shorthair?mohon bantuanya.

    ReplyDelete
  5. Lucu sekale mereka, poc" = poca, poci.
    nama 2 hamster syirian ku
    ^_^

    ReplyDelete
  6. @Fitri,
    Bisa sis, kan sama-sama Syrian. :)

    ReplyDelete

Pada icon Beri Komentar Sebagai : Pilih profile Name/Url, isi nama dan alamat Url (kalau punya) kemudian klik icon Lanjutkan. Tulis komentar anda, kemudian klik icon Poskan Komentar.

Oke, terima kasih untuk teman-teman yang meninggalkan jejak komentar di sini, and tetap sayangi binatang anda ! :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...