Pesan Via
E-mail
di sini
Fast Response!

Sms :
Kecamatan-Kota-
Kode barang-
Jumlah
ke
0856 5800 6221

detail cara pemesanan
Money Back Guaranty.Recomended Seller.Customer Satisfaction Guaranty
Order dari Senin sd Minggu melalui ''SMS'' dengan ketik
Nama kota (spasi) Kode barang (spasi) Jumlah ke 0856 5800 6221, detail "CARA ORDER" KLIK DI SINI
Pengiriman ke seluruh Indonesia akan dilakukan Senin sd Jum'at, menggunakan Tiki, JNE, atau Pos Indonesia sesuai keinginan pemesan.
Kandang Hamster.Aksesoris Hamster.Makanan Hamster.Alas Serbuk Hamster.Alas Serbuk Hamster

Monday, 9 November 2009

Info Tentang Mengembangbiakkan Hamster Roborovski


Mengembangbiakkan dua Roborovski itu tidak sulit, tetapi hal itu harus dipertimbangkan jika Anda benar-benar yakin Anda tahu apa yang harus dilakukan dan telah melihat ke dalamnya.

Roborovski betina memasuki masa subur setiap 4 hari dan akan tetap subur untuk jangka waktu 12 jam di mana perkawinan dapat terjadi. Artinya, jika laki-laki berhasil menangkap/mengawinkan Roborovski betina yang sedang mengalami masa subur, maka dapat dipastikan sang betina bisa hamil, dan ini adalah tantangan bagi Roborovski jantan anda.

Roborovski betina dapat menghasilkan sel telur setiap 4 minggu atau lebih dan membatasi hanya 3-5 anak saja secara berturut-turut..

Hal ini diyakini karena Roborovski memiliki musim kawin khususnya pada musim semi atau awal musim panas; yang mungkin berhubungan dengan peningkatan panjang hari dan suhu. Pencahayaan dan pemanasan buatan dapat memiliki efek perubahan musim kawin mereka, bahkan mungkin membentang ke sepanjang tahun. Akan tetapi mereka bisa saja membatasi untuk terus memproduksi sel telur mereka karena harus memelihara anak secara terus menerus (seperti yang dijelaskan di atas). Tetapi meskipun begitu beberapa peternak melaporkan bahwa hamster Roborovski tampaknya tidak berkembang biak sampai musim semi tahun berikutnya.

Robo saya hamil?

Roborovski betina memiliki siklus setiap tiga atau empat hari dan akan menghasilkan cairan secara teratur sebagai bagian dari siklus ini, sampai ia tidak bisa hamil lagi.

Tidak ada tanda-tanda pasti bahwa Roborovski betina sedang hamil - semua hamster menimbun makanan dan dapat membuat lebih dari satu sarang - satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah ketika dia benar-benar memiliki bayi! Kadang-kadang mereka akan didapati sedikit lebih gemuk dan biasanya hanya pada hari terakhir ketika dia akan melahirkan atau ketika kehamilannya mengandung janin yang agak banyak.

Usia kematangan seksual dan ketika mulai berkembang biak

Robo's mencapai kematangan seksual pada usia 5 minggu, tetapi biasanya tidak berkembang biak untuk pertama kalinya sampai mereka lebih tua.

Betina harus melahirkan untuk pertama kalinya ketika mereka telah berusia 4 bulan (laki-laki dapat dibiakkan pada usia 3 bulan). Usia yang ideal untuk memulai peternakan adalah sekitar 5 sampai 6 bulan usia. Betina akan sepenuhnya tumbuh dan matang pada usia tersebut dan akan cukup kuat untuk menghasilkan dan mengangkat bayi-bayi mereka dan akan menjadi steril setelah 2 tahun. Sementara para pejantan biasanya akan tetap subur sepanjang hidupnya. Peternak yang paling berpengalaman mengatakan bahwa Roborovski itu tidak berkembang biak dengan sukses sampai musim semi berikutnya baru sang betina bisa melahirkan anak-anak mereka.

Masa kehamilan

Masa periode kehamilan hamster Roborovski biasanya 20-22 hari, tetapi menurut beberapa sumber kebanyakan usia kehamilan mereka adalah 30 hari.

Jumlah bayi yang dilahirkan

Jumlah bayi dari Roborovski itu biasanya kecil, yaitu hanya 4-6 anak per kelahiran (meskipun dilaporkan pernah ada yang sampai yang sampai 10 ekor).

11 comments:

  1. saya mau tanya ...knp ya roborovski saya ga hamil2 ,,,padahal umurnya dah masuk 7-8 bulan,,apa ada kesalahan dari pemberian menu makanan nya ...yg saya kasih adalah makanan burung phonix perkutut gold,,dan toge setiap harinya,,plus snack nya (wortel dan salad)/3 hari sekali,,terimakasih...

    ReplyDelete
  2. AnonymousMay 26, 2010

    cara cepetnya gimana ?
    bisa ga kalo yang white face sama yang normal bisa kawin

    by alif

    ReplyDelete
  3. @Boa n Alif,
    Roborovski memang beda dengan hamster jenis lainnya. Lingkungannya harus sepi, agak gelap dan dingin. Terus juga butuh kesabaran karena sang betina dapat membuat dirinya tidak hamil jida dia tidak siap hamil. Untuk makanan sebaiknya kasih yang berkualitas seperti Hamsfood meski mahal tapi sangat membantu percepat proses kehamilan tersebut. Normal dan White Face bisa dikawin silangkan ya. Tapi kalau mau orisinil sebaiknya satu jenis saja. Normal dengan normal, WF dengan WF.

    ReplyDelete
  4. mas cara bersihin bulu robo yg kotor gimana?

    ReplyDelete
  5. @Alif, kalau hanya sekedar kotor, kamu bisa gunakan pasir mandi zeolit saja selain murah juga mudah didapat. Ganti aja seluruh alas kandangnya dengan pasir zeolit baru, itu bisa mengurangi kekotoran bulu Robo. Tapi kalau kotornya "banget" bisa juga dimandikan dengan air hangat dan beri sampo bayi tapi jangan sampai kena muka ya. Jangan terlalu lama mandiinnya, segera keringkan dengan handuk dan gunakan Hair dryer untuk mempercepat pengeringan soalnya hamster sangat rentang terhadap air dan udara dingin. Setelah itu beri dia makanan yang baru ya, kalau perlu kasih vitamin atau paling tidak sedikit tauge. Selamat mencoba bos! :D

    ReplyDelete
  6. Saya punya sepasang roborovski yg baru2 ini kawin & punya anak (5 ekor). Begitu lahir, jantannya saya pisah & saya tambahkan serbuk kayu utk sarang. Tp mungkin krn stress atau baru pertama kali punya anak, induk betina bingung & malah lari2 & gigit/makan anaknya, padahal tidak terpegang tangan saya. Akhirnya mati semua. Bisa tolong kasi advise ? Saya sayang banget kalau nanti mati lagi anaknya. Thanks before.

    ReplyDelete
  7. @Chris, jangan panik bos. Sebaiknya letakkan kandang Robomu ditempat yang agak tersembunyi, agak gelap dan tenang juga agak dingin. Beri beberapa barang yang bisa dijadikan Robomu tempat bersembunyi di dalam kandang. Jangan sering dilihat ya... cek saja tiap pagi untuk memastikan botol minum dan makanannya selalu penuh. Tambahkan vitamin tetes dalam botol minumnya atau sedikit vitamin berbentuk pasta seperti vitagel di tempat makannya. Kalau mau yang murah taoge juga bisa. Intinya buat Robomu senyaman mungkin dan tenang. Semoga sukses.

    ReplyDelete
  8. Om itu game hamsternya lucu amat. .
    Dapet ato buat?Bole minta link wat dl?
    Itu yg bawahnya box yg pertanyaan apakah hamaster termasuk keluarga tikus. .plis ya

    ReplyDelete
  9. mau nanya nih bro.. saya baru beli indukan robo umurnya 8bln (blm prnah ngelahirin, tpi skrng kta penjualnya lg hamil)
    gizi tambahan apa aja yg bagus buat indukan robo?
    trs klo misalnya udah brojol & yg jantan gk dipisah, apakah boleh?
    mohon dijawab.. makasih

    ReplyDelete
  10. @Satria, sebaiknya kasih makanan yang berkualitas bro seperti Hamsfood. Tambahannya bisa vitamin-vitamin seperti Vitagel, Hamvit atau kalau mau murah meriah pake touge aja. Itu juga cukup bagus untuk memaksimalkan air susu hamster hanya saja bau kandang akan jauh lebih menyengat.

    Mengenai jantannya, bro enggak perlu dipisah. Jenis Robo juga campbell dan winter termasuk jenis yang jantannya mau memelihara anak-anak mereka. Kecuali jenis Siria, bro wajib memindahkan jantannya karena memang sifat mereka suka memakan anak-anaknya juga hamster lain yang bukan pasangannya. Mereka sangat individual. Semoga membantu bro :)

    ReplyDelete
  11. makasih jwaban nya ..

    saya ada pertanyaan lg bro, di artikel ttg roborovski ditulis klo "Pencahayaan dan pemanasan buatan dapat memiliki efek perubahan musim kawin" & artikel lain nya mngatakan "sebaiknya ditaruh ditempat yg agak gelap"
    yg ingin saya tnyakan untuk mngembangbiakkan robo, harus di tempat yg gelap atau tidak?

    yg terakhir nih bro, apa aja tips untuk beternak roborovski & vitamin apa yg cocok (krna hami saya gk mau dikasih vitagel)

    thanx before :D

    ReplyDelete

Pada icon Beri Komentar Sebagai : Pilih profile Name/Url, isi nama dan alamat Url (kalau punya) kemudian klik icon Lanjutkan. Tulis komentar anda, kemudian klik icon Poskan Komentar.

Oke, terima kasih untuk teman-teman yang meninggalkan jejak komentar di sini, and tetap sayangi binatang anda ! :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...