Money Back Guaranty.Recomended Seller.Customer Satisfaction Guaranty
Order dari Senin sd Minggu melalui ''SMS/WhatsApp (only)'' dengan ketik
Nama kota (spasi) Kode barang (spasi) Jumlah ke SMS : 0856 5800 6221, atau BB : ... , detail "CARA ORDER" KLIK DI SINI
Pengiriman ke seluruh Indonesia akan dilakukan Senin sd Jum'at, menggunakan Tiki, JNE, atau Pos Indonesia sesuai keinginan pemesan.
Untuk melihat produk2 yang kami jual, klik gambar-gambar di bawah ini ya...
Kandang Hamster.Aksesoris Hamster.Makanan Hamster.Alas Serbuk Hamster.Alas Serbuk Hamster

Sunday 12 June 2011

Tips Mengawinkan Hamster Yang Baru Disatukan Ketika Dewasa


Artikel ini khusus untuk pelanggan madheest hamster yang bernomor HP 0817111xxx dan pecinta hamster lainnya yang mungkin punya kasus sama.

Seringkali hamster kesayangan kita yang telah dewasa (di atas umur 3 bulan untuk Campbell & Winter) ditinggal pasangannya. Sebagai pecinta hamster tentu kita merasa kasihan karena mereka tidak punya pasangan lagi. Tapi karena ketidaktahuan kita, niat baik memberikan pasangan baru bagi hamster dewasa kita justru berakhir tragis bagi salah satu dari mereka. Apakah terluka bahkan sampai mati.

Berikut adalah tips yang mungkin berguna untuk sahabat Madheest Hamster, semoga bermanfaat :

1. Pastikan jenis kelamin hamster yang kita miliki. Bila jenis kelaminnya jantan, maka kita harus memberinya pasangan betina dan sebaliknya. Pastikan dengan menanyakan secara detail kepada penjual hamster, caranya iseng-iseng coba tanya apa beda hamster jantan dan betina kepada penjual tersebut. Kalau mereka tepat menjelaskannya maka sobat boleh tenang bahwa dia tidak akan salah memberikan anda hamster untuk menjadi pasangan hamster anda. Untuk info cara membedakan jenis kelamin hamster silakan lihat artikel ini.

2. Setelah anda mendapatkannya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah cari tempat/wadah lain semacam kotak, toples, kandang, bak atau tempat lainnya yang ukurannya tidak terlalu sempit untuk anda mempertemukan kedua hamster anda tersebut dan kedua adalah sarung tangan agak tebal untuk menjaga tangan anda aman dari gigitan hamster panik ketika marah/takut, boleh anda tambahkan sedikit serbuk kayu/pasir ke dalam wadah tersebut.

3. Masukkan salah satu hamster ke dalam tempat tersebut. Setelah hamster yang pertama agak tenang, masukkan hamster kedua di sisi lain dari hamster pertama. Letakkan keduanya secara perlahan-lahan agar keduanya tidak panik.

4. Lihat reaksi kedua hamster tersebut. Seringkali salah satu dari mereka akan langsung menyerang tapi ada juga yang hanya saling mengendus. Seandainya langsung menyerang, anda bisa langsung melerainya dengan tangan anda yang pastinya sudah memakai sarung tangan untuk menghindari hamster panik tersebut menggigit anda. Tidak perlu langsung mengangkat dan memindahkan hamster tersebut ke tempat lain dan menyangka mereka tidak cocok. Tapi hanya memindahkan ke sisi lain saja. Tunggu beberapa saat, bila langsung menyerang lagi maka lakukan hal yang sama seperti tadi. Bila sampai 5 kali tetap seperti itu anda bisa mencobanya keesokan harinya. Dan lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

5. Bila reaksinya menyerang tapi hamster lainnya langsung lari/kabur dan menghindar atau bila pertengkarannya sama-sama saling menyerang dan bertahan, anda tunggu beberapa saat. Seandainya salah satu hamster anda hanya luka ringan (misal satu gigitan saja meski berdarah) anda tunggu reaksi berikutnya jangan langsung mengangkat dan memastikan bahwa mereka tidak cocok. Seandainya sampai 15 menit hanya terjadi pertengkaran ringan seperti di atas, menyerang, kabur, menghindar, bertahan, dan tidak terjadi luka kedua dan seterusnya, kemungkinan 70% anda telah berhasil menjodohkan mereka. Untuk luka ringan anda jangan khawatir, hamster memiliki kemampuan untuk merawat luka mereka dengan sendirinya. Lain hal kalau langsung cocok, anda bisa langsung melihat reaksi keduanya yang akan menggaruk-garuk bulu mereka seperti sedang membersihkan badan. Saling mengendus dan mencari perhatian.

6. Bila salah satu hamster langsung menjauh/memojok dari hamster lainnya setelah kejadian no. 5 anda bisa sedikit tenang. Anda sudah punya 80% keberhasilan kalau mereka bisa dijodohkan.

7. Sambil anda memastikan mereka baik-baik saja. Hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah anda harus mencuci kandang hamster lama anda berikut accessorisnya dengan air dan sabun kemudian melapnya dengan kain sampai kering untuk memastikan tidak ada bau kotoran/pipis hamster lama anda di kandang tersebut. Berikan alas pasir dan serbuk baru serta makanan dan minuman baru di kandang tersebut sehingga siap digunakan untuk pasangan hamster baru anda. Dan tetap anda harus terus sesekali mengawasi wadah tempat pasangan hamster baru anda untuk memastikan mereka tidak berkelahi lagi.

8. Pindahkan hamster anda dari wadah penjodohan ke kandang satu persatu secara perlahan. Gunakan sarung tangan agak tebal kalau anda tidak mau ambil resiko digigit hamster anda. Masukkan terlebih dahulu hamster baru anda (bukan hamster yang lama yang memiliki kandang tersebut) kemudian masukkan hamster anda yang lainnya. Lihat reaksi keduanya minimal 15 menit. Bila tidak terjadi hal-hal lain, kemungkinan anda 90% telah berhasil.

9. Pindahkan kandang hamster anda ketempat biasa anda letakkan. Anda bisa sedikit tenang kalau mereka berjodoh dan bisa meninggalkan mereka. Sesekali cek kandang pasangan hamster baru anda bila perlu terutama bila anda mendengar suara berdecit dari hamster anda. Bila tidak saling menyerang (lihat kondisi no. 5) dan biasanya jauh lebih tenang keberhasilan anda telah 95%.

10. Bila sampai esok hari situasinya tetap sama anda sudah dipastikan 100% berhasil menjodohkan mereka. Biasanya tidak sampai tiga hari kalau anda bisa selalu memantau mereka, mereka akan kawin dengan sendirinya. Kalau itu sudah terjadi dan anda benar-benar melihatnya kawin, kurang lebih satu bulan kedepan anda sudah bisa melihat beberapa ekor anak hamster berwarna merah bergerak bak ulat di salah satu sudut kandang hamster anda.

Oke, segitu dulu tips dari saya. Mudah-mudahan sangat membantu anda. Bila masih kurang jelas silakan tanyakan hal-hal lainnya di form komentar di paling bawah artikel ini.

Salam,
Madheest Hamster

6 comments:

  1. AnonymousJune 14, 2011

    Udh d coba gan,
    Udh shari ni,
    Tapi ko yg btnanya skali-skali kgak mau d dekatin ma yg jantan ya?

    ReplyDelete
  2. Kalau gak terjadi perkelahian yang menyebabkan salah satunya luka berdarah. Atau berdarah tapi gak parah cuma 1-2 gigitan dan darahnya gak banyak. Berarti tinggal nunggu kimpoynya aja. Kalo pengalaman saya bisa 1-3 hari mereka akan kawin. Tapi kalo gak kawin-kawin juga musti dicoba dengan betina yang lain. Sabar aja. Kaya orang ghitu dah, kadang-kadang suka jual mahal hehehehe.... :)

    ReplyDelete
  3. Hamster saya ww tiger dan hybrid gan , si cowo (tiger) malah terus"an gangguin si hybrid sampe si hybrid menjerit mulu , apa keduanya bisa d kawinkan atau nggak ya gan ? Makasih banyak , respon cepat ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo gan Indra, kalau sudah dipastikan hamster kamu beda kelamin kamu cek point 5 artikel ini ya. Selama tidak berkelahi n berdarah2 mereka bisa dikawinkan. Coba pantau terus-menerus 1-3 hari biasanya kalau cocok mereka bisa kawin. Tapi kalau sdh 1-2 minggu kamu benar2 tidak melihat mereka kawin, kamu bisa coba ganti dgn pasangan baru. Kalaulah kamu mau bersabar menunggu 1-2 bln biasanya betinanya sdh melahirkan.

      Untuk pakan, coba diberi beberapa batang tauge setiap harinya n kurangi makan kuaci.

      Delete
  4. gan saya mau nanya kalo anaknya ud lahir kasih makan apa ya dan pas lahira kan suka berdara yang cewe apa harus di pisah y pas lagi lahir denger denger nanti takut anaknya di makan yang cowok tolong ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo masbro Salim,

      Selama anak hamster belum berbulu sebenarnya mereka cukup dengan susu ibunya saja. Kalau sudah berbulu bisa dicoba meletakkan beberapa batang tauge untuk mereka belajar makan.

      Kalau mengenai dipisah atau tidak jantan dan betina yang telah lahiran. Sebenarnya tergantung jantannya juga. Sebagian besar hamster2 Madheest tidak dipisahkan. Si jantan turut merawat bayi-bayi mereka. Kadang membantu menghangatkan bayi2nya. Kadang juga membiarkan bayi2nya menghisap air liur bapaknya.

      Tapi kalau saat pertama masbro lihat si jantan memakan bayinya, atau khawatir si jantan akan memakan bayinya, tidak masalah juga si jantan dipisahkan dengan betina dan anak2nya. Dan seandainya nanti setelah 1-2 bulan masbro ingin menyatukan kembali dengan betinanya. Pastikan anak2nya dipisah kandangkan. Karena pasti akan dimakan jantannya.

      Semoga membantu :)

      Delete

Pada icon Beri Komentar Sebagai : Pilih profile Name/Url, isi nama dan alamat Url (kalau punya) kemudian klik icon Lanjutkan. Tulis komentar anda, kemudian klik icon Poskan Komentar.

Oke, terima kasih untuk teman-teman yang meninggalkan jejak komentar di sini, and tetap sayangi binatang anda ! :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...